Instalasi Windows 7 Melalui Hardisk Eksternal

Jika biasnya kita menginstal windows dari CD/DVD & UFD, kali ini installnya dari HDD ext. Cara ini lebih gampang daripada instal dari UFD, tidak memerlukan program tambahan & proses instalnya juga lebih cepet. File-file di HDD ext pun tidak perlu di hapus (tapi alahkah baiknya dibackup dulu, sekedar jaga-jaga aja).
Langsung ajalah caranya, disini saya pakai contohnya DVD windows 7:

  1. Copy semua isi DVD installer windows ke dalam HDD ext. (copy ke root, jagan dimasukin ke folder). (Jika DVDnya msh file *.iso, ekstrak dulu pake daemon/alcohol)
  2.  Setelah dicopy semua, rename file “bootmgr” di HDD ext jadi “ntldr” 
  3. Picture
  4. Buka Control Panel => Administrative tools => Computer Management => Disk Management, arahkan ke partisi HDD ext. klik kanan pilih “mark partition as active”
  5. Picture
  6. Restart komputer & masuk ke Bios. 
  7. Arahkan bios untuk first booting dari HDD ext, trus di save & exit. 
  8. Setelah itu komputer akan boot dr HDD ext. anda dan instalasi windows pun mulai.
  9. Install seperti biasa anda menginstall windows dari CD/DVD. (kalau instalasi windows sudah sampai tahap restart, segera ganti setting bios utk first boot device dari HDD PC anda, jgn ke HDD ext lagi, & HDD ext. nya jgn dicabut dulu)
  10. Habis restart, instalasi pun akan berlanjut. (Kalau misalkan instalasi windows menanyakan source, browse saja ke HDD ext.)
  11.  Lanjutkan instalasi sampai selesai.
=== selamat mencoba ===

    1 komentar:

    1. waaah keren neh kudu dicoba..
      thx berat infonya

      salam

      BalasHapus